Sebelum melakukan pemasangan GPS permanen di kendaraan atau sebelum kunjungan / penyerahan barang ke dealer, semua GPS harus sudah di test dan dipastikan sudah connect ke server.

Semua GPS dilengkapi dengan Battery, jadi bisa di setting tanpa harus di colok ke power Supply atau Aki.

Pastikan kartu internet mempunyai pulsa Internet dan Pulsa untuk membalas SMS. Jika terpaksa harus mengetest kartu dengan dipasang ke HP, diusahakan dipasang ke HP yang jadul aja, atau matikan fungsi internet di HP, karena pulsa internet yang tersedia dikartu sangat kecil lebih kurang cuma 500mb. Jadi cukup test asal bisa browsing dan kirim sms, kartu segera dikeluarkan.

Kemudian masukkan kartu ke GPS, biasanya setiap GPS mempunyai tombol on off yang kecil dan tersembunyi. Geser tombol ke posisi On.

Arti warna lampu LED Merah 
Berkedip tiap 0,1 detik *Battery lemah 
Menyala terus menerus *Sedang charge battery 
Berkedip tiap 2 detik *Battery Penuh 
Tidak hidup sama sekali *Battery Habis atau alat Mati 
Berkedip lambat (menyala 0,1 detik tiap 2 detik sekali)  *Bekerja Normal 
 

Arti warna lampu LED Hijau
Berkedip tiap 0,1 detik *Mencari sinyal GSM 
Menyala terus menerus *Kondisi sedang terhubung jaringan GPRS (internet)
Tidak hidup sama sekali *Battery Habis atau alat Mati 
Berkedip lambat (menyala 0,1 detik tiap 2 detik sekali)  *Bekerja Normal  (sudah connect internet)

Jika tidak berhasil connect juga ke internet, mungkin perlu di setting APN nya. Berikut Perintah sms nya:

APN,telkomsel,wap,wap123#
APN,indosatgprs,indosat,indosat#
APN,www.xlgprs.net,xlgprs,proxl#
APN,3data,3data,3data#
APN,AXIS,axis,123456#
 

Arti warna lampu LED Biru
Berkedip tiap 0,1 detik *Mencari sinyal GPS  (Satelit) (GPS harus berada diluar ruangan)
Menyala terus menerus *Mendapat Sinyal GPS  (Bekerja Normal) 
Tidak hidup sama sekali *Tidak Mendapat Sinyal GPS  (Mungkin terhalang gedung tinggi atau lainnya, cari lokasi yang lebih terbuka)

Untuk GPS yang memakai server GPS Eleven, tidak perlu setting apapun untuk mengarahkan server.

Untuk GPS yang memakai server INTAI, perlu di arahkan dengan perintah sms:

SERVER,1,track.intai.id,6023,0#

Untuk Waktu di GPS harus di setting lagi di backoffice. Mohon diperhatikan.

Segera hubungi operator apakah IMEI GPS ini mulai tampil di LOG. Jika sudah tampil GPS sudah siap dipasang.

Untuk pemasangan GPS Intai wajib mengisi form di link: https://www.intai.com/form-pemasangan-gps

Catatan penting lain nya:

* Untuk GPS yang dipasang relay mematikan mesin, maka harus dipastikan kabel ACC harus terpasang dengan baik.

Hal ini berguna untuk mencegah agar ketika alarm defence kendaraan aktif ( yaitu GPS merasakan getaran, namun dalam bbrp menit  (default 3 menit) kunci kontak tetap tidak berada di posisi on (acc on), maka otomatis relay mematikan mesin akan aktif).

Maka untuk menghidupkan mesin perlu dikirim sms (RELAY,0#) agar kendaraan dapat dinyalakan.

Untuk mematikan fungsi defense ini, kirim sms: defense,off#

terutama untuk kendaraan yang sering berada diluar kota atau basement yang sering tidak ada signal GSM.

* Yang perlu diperhatikan saat pemasangan, pastikan posisi atas (yang ada tulisan GPS ELEVEN) menghadap langsung ke langit tanpa penghalang logam, karena bila tertutup logam, maka penerimaan sinyal GPS akan terhambat, bila tertutup plastic atau karet masih bisa mendapat sinyal GPS. - Untuk melacak posisi saja (tanpa fitur mematikan mesin) Cukup sambungkan 3 kabel saja  (warna merah ke positif aki, warna hitam ke masa/body/ground, warna oranye ke ACC)  - Bila ada masalah dg alat/koneksi gprs gagal/sinyal gps hilang coba diatasi dengan melakukan restart  menggunakan perintah sms : RESET#

* Pada saat mobil parkir / tidak bergerak, sering seakan akan mobil sedang bergerak / berjalan dengan kecepatan bervariasi, seringnya di angka 7km/jam. itu di sebabkan mobil diparkir didalam gedung atau signal gps terhalang, sehingga gps menggunakan sinyal BTS tower HP, yang mana karena sering berganti BTS yang berbeda, maka menyebabkan seakan akan mobil sedang berjalan. Fasilitas ini deteksi BTS ini bisa dimatikan dengan mengirim SMS: LBSON,OFF#

kelemahan kalau kita matikan system LBS ini, jika mobil diparkir di dalam gedung, maka posisi terakhir mobil yang terlacak adalah posisi gps yang terakhir diterima gps.

PERHATIAN !!

Kabel Acc perlu dipasang dengan benar.

Salah satu akibat jika kabel Acc tidak dipasang dengan benar adalah kendaraan se akan akan sedang berjalan, padahal sedang parkir atau berhenti. Ini dikarenakan kendaraan tidak mengirimkan signal gps lagi ke server jika lokasi gps selalu sama dalam bbrp menit atau mobil dalam keadaaan berhenti, maka gps tracker otomatis akan mematikan system penerima sinyal gps. Namun karena system mendeteksi acc on atau mobil dalam keadaaan hidup terus, maka gps tracker akan mengirim sinyal HP atau BTS karena dianggap mobil berada didalam gedung atau terhalang sinyal gps nya. Jika ada konsumen yang komplain masalah ini bisa kita kirim kode: GPSON# agar gps tracker nya bisa aktif lagi menerima signal gps (jika diluar ruangan), maka posisi mobil terakhir akan tepat dan tidak seakan akan sedang berjalan. Diharapkan kedepan nya semua pemasangan kabel Acc dipasang dengan baik dan benar.

© 2018 by Intai.id.